Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 3 - Menjadi Contoh yang Baik


Pada edisi Desember 2008, Parents Magazine memuat  artikel  50 Easy Ways to Be a Fantastic Parent, yang isinya berbagai tips untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan sehat.  Kami menulisnya kembali dalam beberapa artikel. Yuk baca tips menjadi panutan dan contoh yang baik bagi anak-anak Anda.

Jadilah contoh yang patut dimiliki anak-anak Anda. Anak belajar dari mengamati orang tuanya. Contoh perilaku yang pantas, terhormat dan baik bekerja lebih baik daripada mengatakannya kepada anak-anak

Akuilah bila Anda melakukan keselahan. Itu cara terbaik untuk menunjukkan kepada anak Anda, kapan ia harus meminta maaf.

Hiduplah lebih hijau. Tunjukkan kepada anak-anak betapa mudahnya merawat lingkungan. Hindari pemborosan, daur ulang, gunakan kembali dan lestarikan tiap hari. Luankan waktu sepanjang siang untuk mengumpulkan sampah di sekitar rumah Anda.

Selalu berkata jujur. Bukankah Anda ingin anak Anda berperilaku sama?

Tunjukkan bahwa Anda dan pasangan saling mencintai. Pernikahan Anda adalah sebuah contoh untuk anak-anak tahu seperti apa tampaknya, rasanya dan terdengarnya sebuah relasi yang intim. Jadikan diri Anda sebagai standar.

Hormati perbedaan parenting. Dukung pendekatan dasar dari pasangan Anda untuk membesarkan anak-anak, kecuali hal itu tidak benar atau keluar dari jalur. Mengkritik atau bertengkar dengan pasangan Anda akan lebih membahayakan pernikahan Anda dan rasa aman anak-anak daripada menerima standar parenting pasangan Anda.

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar